Jumat, 29 Desember 2017

Beragamnya Budaya Indonesia yang Mempersatukan Bangsa

Negara Kepulauan Indonesia memiliki lebih dari ratusan budaya. Hampir setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki budaya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pengertian budaya menurut para ahli :

Menurut Ki Hajar Dewantara budaya adalah hasil dari perjuangan masyarakat atau manusia untuk mewujudkan kemakmuran dan kejayaan hidup dari masyarakat dalam menyikapi dan menghadapi kesulitan dan rintangan untuk mencapai suatu kemakmuran, keselamatan serta kebahagiaan dalam hidup mereka.

Menurut Koentjoroningrat budaya adalah sebuah sistem atau gagasan serta rasa, sebuah tindakan dan hasil karya dari manusia dalam kehidupan dalam bermasyarakat dan dijadikan sebagai kepemilikan dengan mempelajarinya.

Secara harfiah budaya dapat diartikan sebagai cara hidup dalam sebuah kelompok masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun kepada generasi penerusnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian budaya adalah suatu pemikiran, adat istiadat dan juga akal budi.

Meskipun Negara Indonesia ini terdiri dari banyak sekali ragam budaya dan bahasanya, akan tetapi mereka (masyarakat Indonesia) tetap menjungjung tinggi budaya dari seluruh penjuru Indonesia dan menganggap sebagai budaya sendiri serta saling menghormati demi terciptanya sebuah keselarasan hidup yang serasi dan menciptakan kehidupan bermasyarakat yang nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar